Kiat Sukses Seorang Raja Bisnis Korea Selatan

Kiat Sukses Seorang Raja Bisnis Korea Selatan


Halo sobat semua. Masih ditemani satria dalam rangka WFH (work from home) ya 


Munkin sebagian dari kita mulai berpikir apa yang kita lakukan apabila kita terjebak oleh berbagai situasi. 


Contohnya situasi ekonomi yang sulit, menuntut diri kita harus menjadi pribadi yang berani maju dan bersaing di era kompetisi yang semakin tinggi.


Perlu di catat bahwasanya kita hidup pasti ingin maju namun alangkah baiknya kita merenungi diri bahwa maju itu harus ada pendorongnya yang memotivasi kita. Apa saja yang memotivasi kita tentunya berbagai referensi baik dari lingkungan, biografi seorang tokoh yang sukses, pengalaman hidup yang pahit, kesulitan hidup, semuanya bisa merubah sikap diri kita untuk memaknai hidup.


Setiap sejarah kehidupan memberikan pengaruh bagi yang mengalaminya maupun bagi orang yang membaca biografinya. 


Saya akan menyoroti sisi kehidupan dari sorang tokoh pemimpin perusahaan raksasa korea selatan yaitu Lee Kun Hee.


Sebagian orang pernah mendengar nama tokoh  ini, namun ada juga yang merasa asing mendengarnya akan tetapi produk yang dihasilkan dari perusahaan yang dipimpinya ini sangat familiar bahkan kita gunakan terutama di bidang smartphone yang membanjiri berbagai produk inovatifnya di indonesia.


Bukan hanya dari produk yang inovatif desain, akan tetapi kualitas dan cuku cadang serta service yang tersebar di berbagai wilayah bahkan dunia.


Sebuah perusahaan yang bunafit terlahir dari seorang tokoh yang hebat juga tentunya. Bagaimana sepak terjang seorang Lee kun Hee mengembangkan perusahaan samsung yang di pimpinya bisa melebarkan sayapnya ke penjuru negeri, bukan semudah  membolak-balikan telapak tangan tentunya dengan berbagai rintangan dan kerja keras yang ia lakukan bersama teamnya.


Tidak Merasa Puas Dan Terus Belajar Agar Tumbuh


Seorang Lee Kun Hee kecil  mencari ilmu sampai ke negeri Jepang, Beliau rela berpisah dengan keluarganya dan hidup bersama kakanya di negeri tersebut demi mencari banyak pengetahuan.


Berbagai hal ia alami menjadi seorang anak muda yang mandiri. 


selain itu juga kemauanya untuk belajar di negeri maju termotivasi oleh kelurganya secara turun menurun untuk belajar ke negeri yang lebih maju agar semakin berkembang. Membuat pola pikirnya berubah.


Rajin Membaca  Baik Data Maupun Informasi


Berbagai referensi menjelaskan bahwa beliau sangat suka sekali mencari data dan informasi terbaru karena sangat penting untuk perkembangan perusahaanya dan juga produk-produknya.


Data bisa memberikan gambaran bagaimana keadaan suatu ekonomi, analisa konsumen menggunakan produknya, strategi pemasaran berikutnya. 


Informasi tak kalah penting karena dengan informasi dapat mengetahui bagaimana menghadapai persaingan dan membuat produk yang inovatif agar tidak tergerus zaman.


Punya Keberanian Dan Mempunyai Komitmen “Pasti Bisa”


Setiap pekerjaan di dunia ini pasti mempunya resiko yang harus dipikul baik itu berefek kecil maupun berefek besar. Keberanian merupakan kunci dari sebuah kesuksesan tanpa keberanian seperti tubuh tak bertulang tidak ada yang menjadi penopang kemauan. 


Menjadi pemberani dalam artian kita melangkah pasti sesuai arah dan tujuan yang ingin dicapai.


Apabila kita membaca biografi dari seorang Lee Kun Hee pasti kita akan tercengan dengan kebaranianya dalam berbagai bidang Semuanya itu bisa terbayarkan dari hasil keberanianya.


Pada tahun 2011 berdasarkan pemaparan buku samsung code kim Byung- wan (2012 : hal 3-4 )  bahwa perusahaan tersebut meraih laba 255 triliun atau setara dengan 75 % anggaran belanja tahunan korea selatan  yaitu 325 triliun. 


Sebuah prestasi yang luar biasa. Bisa menjadi contoh bagi kita bagaimana sebuah keberanian bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa bukan.


Teliti Dan Kehati-Hatian Untuk menjaga  Kualitas Produk


Perusahaan Samsung di bawah pimpinan Lee Kun Hee membuat karyawanya selalu menerapkan ketelitian produk secara detail.


Sejarah juga dijadikan sebagai acuan agar kesalahan tidak terulang kembali. Produk yang dikerjakan dengan sangat detail dan kehatian-hatian akan menghasilkan produk yang berkualitas.


Apabila ada produk yang masih dirasa gagal dalam uji coba Lee kun Hee akan segera memperbaikinya dan memberikan peringatan kepada karyawanya untuk lebih teliti.


Seperti contoh yang di kutip dari buku samsung code kim Byung- wan (2012) bahwa saat itu peluncuran produk Samsung mesin cuci karena kesalahan beliau langsung menelpon karyawanya agar lebih berhati-hati kembali.


Kejarlah Target


Hidup tanpa target bagaikan berlayar ke laut  tahu arah namun tak tahu kapan kita ingin sampainya. 


Begitulah apabila kita tidak menggunakan waktu sebaik munkin maka kita hanya bekerja saja tanpa adanya perkembangan semakin lebih besar atau lebih baik lagi. 


Target mempunya ambisi untuk mengejar, harus ada batasan waktu kapankah akan melanjutkan atau kapankan akan berakhir sesuai keputusan yang ditentukan sebelumnya.


Seorang Lee kun Hee juga mempunyai prinsip seperti itu mempunyai target yang jelas dan selalu mengejarnya. 


Menurutnya lebih baik berani mencoba untuk pantang menyerah agar mendapatkan hasil daripada diam tanpa bergerak. Karena kegigihanya mengejar target itu beliau bisa mengenalkan Anjing Jindo milik korea selatan dan di akui di Jepang, pada saat Lee kun Hee ikut serta dalam mengirim Anjing Jindo di kontes dunia alhasil Anjing Jindo di akui sebagai anjing asal korea selatan. Hebat bukan.


Di atas merupakan sosok seorang Lee kun Hee yang bisa menjadi referensi buat kita bahwa seorang pengusaha itu bukan sekedar pengusaha. 


akan tetapi ada beberepa sifat dan sikap yang harus kita miliki, pada dasarnya carilah ilmunya dan Lakukan ..lakukan...itulah yang terpenting agar ilmu tidak hanya menjadi tumpukan di dalam diri. Good Luck Sobat.


Jangan lupa juga baca Cara Marketing UKM

 Terima kasih


Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama